Kamis, 13 Juni 2013

Keanggotaan

2 bulan yang lalu clan ini diciptakan oleh saudara kita The Founder of FxFatality dengan char nickname sadisbrow. Ada amanah dari beliau kepada saya untuk mempertahankan dan membesarkan clan ini. Tentu ini tugas berat dan tidak mudah.

Seperti halnya clan lain pada umumnya, clan ini juga memiliki anggota. Berbicara mengenai keanggotaan clan sepertinya sangat dilematis. Di satu pihak dibutuhkan rasa kekompakan dan loyalitas pada clan agar clan ini tetap exist, namun di pihak lainnya clan tidak bisa memaksakan kehendak kepada anggotanya untuk terus bertahan karena berbagai alasan pribadi seperti jarang online, bosen / merasa tidak nyaman di clan ini, ingin pindah clan tapi tidak enak kalau konfirmasi ke leader dan sebagainya. Awalnya clan ini menetapkan kebijakan penerimaan anggota clan dengan sistem auto agree level 1 lalu ditingkatkan menjadi level 5. 

Diberlakukannya kebijakan tersebut ternyata memiliki efek negatif bagi clan antara lain sebagai berikut :
1. Meskipun banyak anggota baru yang masuk, namun jumlah anggota yang keluar juga banyak
2. Setelah masuk clan, kebanyakan mereka jarang online, bahkan 40% offline lebih dari 30 hari (sebulan)
3. Pemberlakuan auto agree level 5 menyebabkan eksistensi clan kurang diperhitungkan dalam Channel List PVP - PVE karena anggota baru biasanya masih level 1-5. Secara statistik level 1-5 skill yang dimiliki masih rendah. Pangkat memang tidak menjadi jaminan tinggi rendahnya skill seorang player, tapi setidaknya pangkat yang lebih tinggi menjadi tolak ukur kemampuan seorang player saat ini

Dari berbagai kendala tersebut, saya FxFatality selaku leader mempertanyakan seperti apa dan sejauh mana loyalitas kalian terhadap clan ini????

Demi menjaga eksistensi clan ini maka kebijakan auto agree level 5 terpaksa saya ubah menjadi Requaires Level 20. Meskipun level 20 bisa masuk tapi ternyata sikapnya tidak jauh berbeda dengan kasus di atas, maka akan dikenakan sanksi berat yakni kick tanpa pemberitahuan dan banned permanen sehingga tidak bisa masuk lagi ke clan ini. Keterangan lebih lanjut silahkan baca Kode Etik Clan



FxFatality
The Leader

Tidak ada komentar: